BRI Cabang Sanggau Salurkan 110 Bibit Pohon Buah Unggul, Edukasi Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan

oleh -17 Dilihat
oleh

Suaraaspirasirakyat-BANK Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sanggau, Kalbar memiliki kepedulian yang tinggi pada kelestarian lingkungan. Hal itu dbuktikan dengan dengan penanaman bibit pohon di Kecamatan Tayan Hilir, tepatnya pada area kebun atau kawasan Rantau Buloh, milik Pemerintah Desa Pedalaman, yang merupakan salah satu Desa BRIlian, Sabtu (23/10/2023).

Sedikitnya ada 110 pohon bibit tanaman yanga diserahkan BRI Cabang Sanggau kepada Pemerintah Desa Pedalaman.

Penanaman pohon secara simbolis tersebut difasilitasi BRI Unit Tayan ini. Dan penanaman tersebut, dipimpin Pemimpin Cabang BRI Sanggau Helmi Wijayadi.
Tampak hadir Manager Bisnis Mikro BRI Cabang Sanggau, Haryono, Kepala Unit BRI Tayan, Eko Bambang Priyanto, Kepala Desa Pedalaman Sunarto, Ketua BPD Pedalaman Rudianto, Direktur Bumdes Berambin Bepimpin Desa Pedalaman Muhammad Khusyairi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Pedalaman Serda Rudiansyah, Briptu S Pero, perwakilan PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA) Hari Wibowo, para perangkat desa serta unsur lainnya.

Kepala Desa Pedalaman, Sunarto menyambut baik program “BRI Menanam” tersebut, karena hal itu bertepatan dengan arah pembangunan Desa Pedalaman. Dimana saat ini sedang menata kawasan Rantau Buloh tersebut menjadi sebuah kebun buah-buahan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BRI, yang telah memberikan bantuan bibit pohon buah-buahan ini. Ini secara kebetulan kami sedang menata kawasan ini menjadi sebuah kebun, yang berkonsep pelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Sementara, Pemimpin Cabang BRI Sanggau Helmi Wijayadi, mengatakan adapun jenis pohon yang diberikan atau ditanam diantaranya durian unggul dan matoa. Langkah ini, merupakan upaya memberikan edukasi untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan dan alam.

Harapannya kata Helmi, dengan program BRI menanam ini dapat memberi dampak sosial kepada masyarakat, ketika sudah berbuah nanti dapat menghasilkan kesejahteraan dan menggerakkan perekonomian masyarakat.
“Kami berharapkan pohon ini nantinya terus dirawat dan tidak sekedar seremonial. Tapi dapat memberi dampak sosial. Kami berterima kasih kepada Kades Pedalaman Pak Sunarto, masyarakat desa juga sangat mengapresiasi BRI yang memberi bantuan pohon produktif ini,” ungkapnya.

Menurut Helmi, program BRI menanam ini merupakan bentuk aksi nyata dalam upaya ikut serta menyelamatkan bumi. BRI Cabang Sanggau berkeyakinan dengan menanam sejengkal, maka masyarakat telah ikut serta menumbuhkan dan menjaga alam.

“Untuk kelanjutan sesudah menanam ini. Maka BRI akan memberikan support untuk pemeliharaan,” ujarnya.

Rangkaian seremoni penanaman pohon ini berlangsung penuh keakraban, terlebih lagi seusainya digelar makan bersama dibawah rindangnya pepohonan kayu hutan yang masih terbilang terawat tersebut.

Diketahui, BRI Menanam menandai langkah strategis BRI dalam merealisasikan prinsip ESG serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030.

Hal ini sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden nomor : 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tanggal 4 Juli 2017.

“BRI Cabang Sanggau terus berupaya berkomitmen agar dalam implementasi program BRI Menanam dapat memberikan manfaat pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan serta masyarakat,” cetus pria asal Jawa Barat ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.