“Jaga Sungai Jaga Kehidupan”, BRI Regional Office Jakarta 3 Laksanakan Kegiatan Bersih-Bersih Sungai di 8 Titik

oleh -12 Dilihat
oleh

Suaraaspirasirakyat.com-BRI Regional Office Jakarta 3 kembali mengukuhkan komitmennya dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kali ini upaya yang dilakukan adalah melalui program “Jaga Sungai, Jaga Kehidupan”.

Regional CEO BRI Jakarta 3, Nazaruddin mengatakan, program “Jaga Sungai, Jaga Kehidupan” merupakan bagian dari menjalankan rangkaian HUT BRI ke-128 dengan “Tema Kuat dan Hebat”.

Menurutnya, melalui program ini, Bank BRI berusaha mewujudkan komitmennya melestarikan lingkungan melalui kegiatan membersihkan sungai, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya merawat lingkungan, menanam bibit pepohonan di area lingkungan sungai serta memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan melalui program BRI Peduli.

Nazaruddin mengatakan, terdapat 8 titik sungai yang mendapat intervensi dari program “Jaga Sungai, Jaga Kehidupan”, diantaranya, Sungai Sekretaris, Jakarta Barat, Sungai Item Padamulya, Jakarta Pusat, Sungai Sodetan Kali Pesanggrahan, Daan Mogot, Sungai Sekretaris, S Parman, Sungai Gebuyuran, Joglo, aliran Sungai Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Sungai Kuala Belian dan Sungai Benda Baru Pamulang, Kota Tangsel.

Menurut Nazaruddin, kegiatan membersihkan sungai di 8 titik ini berlangsung sejak tanggal 5 Desember 2023 hingga 12 Desember 2023. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh masyarakat sekitar dan pengurus RT/RW lingkungan setempat.

“Syukur Alhamdulilah, seluruh pelaksanaan program “Jaga Sungai Jaga Kehidupan” ini mendapat dukungan dari semua pihak, tidak ada hambatan, seluruh pengerjaan dilakukan lebih cepat, dan sampah yang berhasil diangkut dapat dipindahkan dari sungai. Sungai terlihat lebih bersih,” ujar Nazaruddin, Kamis, 7 Desember 2023.

Berikut jenis-jenis bantuan program “Jaga Sungai Jaga Kehidupan”, diantaranya:

1. Bantuan Kontainer sampah dan Tempat sampah

-Bantuan ini dapat diberikan untuk mendukung masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai. Dapat ditempatkan di lokasi dekat sungai atau tempat lainnya yang strategis.

2. Trash Barrier

-Trash barrier dapat membantu mengendalikan aliran air di sekitar wilayah tersebut dan mencegah limbah atau sampah dari masuk ke dalam air, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan. Trash barrier juga dapat digunakan untuk mencegah kerusakan lingkungan akibat sampah yang masuk ke dalam air, seperti kerusakan ekosistem dan gangguan kesehatan manusia.

3. Bantuan Peralatan untuk Bank Sampah di Lokasi Setempat

-Apabila terdapat bank sampah di lokasi, bantuan dapat diberikan kepada bank sampah berupa peralatan untuk bank sampah

4. BRI Menanam – Replantation/Penanaman Kembali

-Penanaman Kembali atau Penghijauan Daerah Kritis atau lahan kosong di sekitar sungai. Program penanaman pohon mengutamakan pohon buah/industri/tanaman keras yang memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar dan sekaligus memberdayakan kelompok masyarakat di lokasi penanaman pohon tersebut.

5. Edukasi Tidak Membuang Sampah Ke Sungai dan Pengelolaan Sampah

-Pelatihan ditujukan untuk masyarakat sekitar sungai agar dapat menjaga sungai dengan tidak membuang sampah di Sungai. Selain itu juga tentang Pengelolaan Sampah. Pemateri dikoordinasikan oleh BRI Institute berasal dari Akademisi, Komunitas Lingkungan, yayasan yang mempunyai kegiatan di bidang lingkungan, Pegiat Bank Sampah.

Peserta mendapatkan fasilitas seperti konsumsi, materi, pelaksanaan edukasi serangkaian. dengan Kegiatan Bersih Bersih di lokasi yang memungkinkan. Pelatihan juga dapat menjadi media memberikan edukasi untuk pengelolaan sampah secara terpadu.

Reporter: Syaiful Adha

Tag: BRI Regional Jakarta 3, Bank BRI, BRI Peduli, BRI Menanam, BRI, Sungai, Sampah, Bersih, HUT BRI ke-128

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.